7 Rahasia Optimasi SEO On Page

 

   

Optimasi SEO On Page



Pada Minggu 26 Juli 2020, Kelas Pramuda FLP Bogor mengadakan pertemuan via daring dengan dihadiri oleh Bapak Ilham Sadli dan membahas mengenai “Blog dan Sosial Media”. Beliau adalah content creator dan juga pengurus Blogger FLP. Dalam diskusi tersebut, beliau menjelaskan mengenai optimasi blog dan sosial media. Dalam upaya mengoptimasi blog atau website, diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu tentang SEO.

Search Engine Optimization atau SEO adalah usaha mengoptimasi website atau blog untuk mendapatkan peringkat atas dalam hasil pencarian. SEO juga akan membantu mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website atau blog. SEO dibagi dua jenis, SEO Off page dan SEO On page.

Rahasia Optimasi SEO On Page


SEO On Page adalah salah satu bentuk optimasi SEO yang diterapkan pada konten yang Anda terbitkan. Saat konten terbit, maka pada saat itu pula Anda menerapkan SEO di dalamnya. Ada 7 hal rahasia dalam optimasi SEO On page.

1. Keyword atau Kata Kunci


Berbicara SEO pasti tidak akan lepas dari Keyword atau Kata Kunci. Keyword biasanya terdapat pada judul artikel, sub judul, URL, di awal artikel atau pada 100 kata pertama, dll. Pastikan agar tidak terlalu banyak basa-basi dan membuat pengunjung bosan karena artikel tidak langsung membahas apa yang dikatakan dalam judul. Sisipkan kata kunci pada judul dan buat senatural mungkin agar tidak terkesan dipaksakan

2. Judul Artikel yang Menarik


Ketika orang-orang mencari sebuah keyword di mesin pencari, mereka hanya bisa membaca deskripsi singkat dari artikel Anda. Maka dari itu, perlu untuk membuat judul semenarik mungkin agar bisa membuat orang tertarik dan mengunjungi blog Anda. Judul sebaiknya berkisar antara 2-20 kata. Jangan terlalu panjang dan juga terlalu singkat. Judul yang terlalu singkat menjadi tidak menarik, dan judul yang terlalu panjang tidak dapat tampil seluruhnya di mesin pencari.

3. Konten


Di era sekarang, semakin banyak orang-orang mencari informasi atau mencari tahu mengenai sesuatu melalui artikel di media internet. Oleh karena itu buatlah isi konten semenarik mungkin. Seperti apa konten yang menarik? Konten yang menarik adalah konten yang bisa menjawab pertanyaan pengunjung. Ketika pengunjung mengetikkan keyword pada mesin pencari, yang mereka harapkan adalah sebuah jawaban.

Konten seperti ini memiliki ciri-ciri : menarik untuk dibaca, bermanfaat, mengandung banyak informasi, ditulis dengan detail dan mendalam namun tetap mudah untuk dipahami, mudah untuk dibagikan, mampu memecahkan masalah serta ditulis untuk menjawab kebutuhan pembaca. Selain membuat konten yang menarik, usahakan untuk selalu memperbaharui konten blog Anda dan konsisten untuk selalu menambahkan konten baru dalam blog Anda.

4. Gunakan URL atau Permalink Sederhana


Salah satu hal penting dalam optimasi SEO On Page adalah URL atau Permalink. Menurut beberapa sumber, 3-5 kata pertama dalam URL mendapatkan perhatian utama. Oleh karena itu, buatlah URL yang singkat dan deskriptif. Idealnya, URL atau Permalink cukup mengandung focus keyword agar pembaca bisa langsung mengetahui hal yang Anda bahas dalam artikel.

5. Gunakan Heading atau Subheading


Untuk memudahkan pengunjung dalam membaca konten, perlu adanya struktur konten yang jelas dan mudah dipahami. Salah satunya adalah dengan menggunakan heading dan subheading. Sederhananya, heading dan subheading seperti bab dan subbab dalam buku. Pergunakan heading sebagai judul artikel dan sisipkan kata kunci di dalamnya. Selanjutnya pergunakan subheading untuk membahas dan menjelaskan mengenai satu aspek tertentu. Gunakan kata yang relevan dalam setiap subheading dan usahakan berkaitan dengan kata kunci utama.

6. Optimasi Gambar


Dalam teknik SEO On Page, penting untuk memperhatikan aspek visual, contohnya gambar, video, dan lain-lainnya. Menambahkan gambar bisa membuat isi blog Anda menjadi lebih menarik dan mempertahankan perhatian pengunjung. Gunakan gambar yang sesuai denga isi konten. Usahakan agar kapasitas gambar tidak lebih dari 100kb agar tidak memperlambat loading blog. Jangan lupa untuk menyisipkan keyword pada title tag atau Alt. Hal ini juga bisa membantu menaikkan trafik blog Anda.

7. Kecepatan Blog


Hal yang tidak kalah penting dalam optimasi SEO adalah kecepatan blog. Tidak dapat dipungkiri bahwa kecepatan dari sebuah website ataupun blog kian hari kian penting. Alasannya adalah karena pengunjung tidak mau menunggu lama hingga blog terbuka penuh. Bahkan kecepatan loading yang lama akan membuat pengunjung mencari website atau blog lain yang lebih cepat. Tak hanya itu, blog yang memiliki waktu loading lebih cepat memiliki kesempatan lebih besar untuk berada di peringkat atas pencarian.

Itulah beberapa hal rahasia optimasi SEO On Page. Teknik dan cara optimasi SEO On Page selalu berkembang dari masa ke masa. Jadi pastikan bahwa anda selalu mengikuti perkembangan yang ada. Jangan menyerah untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas blog hingga bisa selalu tampil di halaman pertama pada hasil mesin pencarian. Semangat!
Previous
Next Post »